5 Pemicu Migrain yang Perlu Anda Tahu

  • Whatsapp
5-pemicu-migrain-yang-perlu-anda-tahu
Foto: Canva.com pro

Migrain bukan lagi penyakit baru di dunia kesehatan. Jenis nyeri kepala yang satu ini mungkin pernah Anda alami juga. Sebelum menemukan cara mengatasi migrain yang tepat, ada baiknya jika Anda mengetahui pemicu penyakit ini terlebih dahulu.

Hal-hal yang Memicu Timbulnya Migrain

Saat sedang terkena migrain, kepala Anda akan terasa sangat menyakitkan. Rasa nyeri pada kepala saat migrain tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman. Anda pun akan bertanya-tanya apa penyebab dari migrain yang timbul. Yuk lihat beberapa hal yang memicu migrain pada ulasan di bawah ini!

Read More

1. Alergi Makanan

Tak sedikit orang yang tidak tahan dengan makanan tertentu sehingga timbullah migrain. Makanan-makanan yang dimaksud biasanya memiliki kadar bahan kimia tertentu yang berlebihan, misalnya pengawet, MSG, kafein, hingga alkohol. Karena zat-zat tersebut bisa menimbulkan kontraksi pada pembuluh darah di otak. Jika hal ini dibiarkan, bisa menimbulkan rasa nyeri di kepala khususnya migrain.

2. Cuaca yang Tiba-Tiba Berubah

Orang yang memiliki riwayat migrain, akan memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap perubahan cuaca. Tak heran jika cuaca tiba-tiba berubah, penderita migrain menjadi lebih sering kambuh. Beberapa perubahan cuaca yang bisa menjadi pemicu migrain antara lain matahari yang tiba-tiba terik, angin kencang, hingga udara lembab. Untuk itu, cara mengatasi migrain jika cuaca tiba-tiba berubah menjadi ekstrem adalah dengan istirahat di rumah.

3. Hormon

Migrain lebih banyak menyerang wanita karena kadar hormon estrogen pada tubuhnya. Jika produktivitas hormon estrogen menurun, maka bisa menimbulkan migrain. Karena hormon ini berfungsi sebagai pengendali rasa sakit. Tak heran jika hormon estrogen berkurang, maka migrain jadi lebih mudah menyerang.

4. Bau Eksplosif

Penderita migrain akan mudah kambuh jika mencium bau yang eksplosif. Hal ini dikarenakan indera penciumannya menjadi lebih peka di tingkat yang berlebihan. Sehingga, Anda harus menghindari bau-bau menyengat agar migrainnya tidak kambuh. Sejumlah bau eksplosif yang bisa memicu migrain antara lain asap rokok, bau bensin, hingga durian.

5. Stres

Penyebab migrain juga bisa berasal dari kesehatan mental yang kurang terjaga. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengendalikan pikiran agar tidak mengalami stres. Kondisi stres yang berlebih bisa meningkatkan kerja otak. Otak akan dipaksa memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak Anda pedulikan. Jika otak kelelahan, maka akan timbul berbagai masalah kesehatan salah satunya migrain.

Demikian review tentang hal-hal pemicu migrain yang perlu Anda tahu. Anda disarankan memastikan penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari tahu cara mengatasi migrain. Dengan begitu, metode penyembuhan migrain yang dilakukan bisa lebih efektif.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

 

  • https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/nyeri-kronis/penyebab-sering-migrain/
  • https://www.alodokter.com/migrain/penyebab
  • https://www.sehatq.com/artikel/penyebab-migain-yang-mengganggu-aktivitas-sehari-hari

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *