6 Tips Memilih Kitchen Mixer yang Bagus, Berkualitas dan Awet Tahan Lama

  • Whatsapp

6-Tips-Memilih-Kitchen-Mixer-yang-Bagus,-Berkualitas-dan-Awet-Tahan-Lama
Hobi buat berbagai macam adonan dan kue? Itu artinya Anda butuh kitchen mixer berkualitas dan awet tahan lama. Dari sekian banyak produk di pasaran, kitchen mixer Bosch bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda yang suka bergelut di dapur untuk memasak beragam makanan.

Memilih Kitchen Mixer yang Bagus

Bicara soal mixer yang menjadi alat mekanis praktis bagi ibu rumah tangga, artikel ini akan berbagi tips memilih mixer dapur yang bagus dengan kualitas terbaik, baik itu jenis hand mixer ataupun stand mixer. Apa saja tips-tipsnya? Yuk, simak langsung ulasan berikut ini!

Read More

1. Perhatikan level kecepatan mixer

Pastinya ada banyak mixer berkualitas yang dijual di pasaran, ya. Terus, bagaimana Anda bisa memilih mixer yang bagus? Tips pertama adalah Anda perlu memperhatikan level kecepatan mixer. Pasalnya, setiap mixer memiliki kecepatan berbeda-beda untuk menghasilkan adonan halus dan merata.

Level kecepatan mixer sangat berpengaruh nantinya pada hasil akhir makanan atau kue yang Anda buat. Tentu Anda tidak mau kan mendapat hasil adonan yang mengecewakan?

2. Pastikan ukuran wadah dan kapasitas mixer ideal

Selain kecepatan, pastikan pula ukuran wadah dan kapasitas mixer sudah ideal. Kalau Anda sering membuat kue dalam jumlah banyak, stand mixer berukuran besar bisa jadi pilihan terbaik. Tapi, akan beda halnya jika Anda lebih suka membuat kue dalam porsi kecil untuk dinikmati sendiri maupun bersama keluarga. Anda bisa membeli kitchen mixer ukuran kecil atau medium.

3. Pilihlah tipe mixer dapur sesuai kebutuhan

Ada dua tipe mixer dapur, yaitu stand mixer dan hand mixer. Keduanya punya fungsi dan kegunaan yang sama untuk mengolah adonan kue. Tapi, baik itu stand mixer maupun hand mixer punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, sebagai berikut:

Hand mixer

Kelebihan:

● Cocok digunakan untuk kebutuhan membuat kue dalam jumlah kecil

● Ideal bagi ibu rumah tangga karena lebih mudah dibersihkan

● Proses mengocok adonan bisa menggunakan di mangkuk atau wadah apa saja

● Harga lebih terjangkau dibandingkan stand mixer

Kekurangan:

● Ukuran lebih kecil dan praktis

● Mengadon kue hanya bisa dengan salah satu tangan

● Level kecepatan hand mixer sampai adonan kue menjadi lembut tidak secepat stand mixer

Stand Mixer

Kelebihan:

● Ukuran lebih besar dan langsung tersedia mangkuk besar di bawahnya yang menyatu dengan tubuh mixer

● Tidak perlu menunggu adonan sampai lembut karena mixer bisa bekerja tanpa perlu dipegang seperti halnya hand mixer

● Level kecepatan mengocok adonan jauh lebih cepat daripada hand mixer

● Cocok untuk membuat kue atau adonan dalam jumlah banyak, biasanya digunakan untuk bisnis toko roti (bakery).

Kekurangan:

● Karena memiliki body atau tampilan fisik lebih besar, stand mixer tidak ideal untuk dibawa ke mana saja

● Cukup menghabiskan tempat dan agak sulit dibersihkan

● Harga jauh lebih mahal dibandingkan hand mixer

Sekali pun Anda sudah pernah menggunakan salah satu ataupun kedua tipe mixer tersebut, Anda tetap harus tahu kelebihan dan kekurangan stand mixer maupun hand mixer. Tujuannya tidak lain untuk memudahkan Anda dalam menggunakannya sesuai kebutuhan. Anda bisa temukan berbagai jenis produk kitchen mixer Bosch kualitas terbaik dan awet tahan lama.

4. Pilih kitchen mixer yang mudah dibersihkan

Tips memilih kitchen mixer yang bagus berikutnya yaitu dari segi perawatan. Pilihlah alat mixer untuk kue yang mudah dibersihkan dan disimpan. Untuk itu, tanyakan dulu pada penjual atau admin (jika membelinya secara online di e-commerce), apakah mixer tersebut perlu perawatan khusus seperti harus diminyaki terlebih dahulu dan semacamnya.

Karena perawatan yang baik akan membuat spare part atau suku cadang dari komponen mixer menjadi lebih awet dan tahan lama digunakan.

5. Pertimbangkan dengan daya listrik rumah

Soal level kecepatan, ukuran, dan jenis mixer sudah dibahas. Kali ini, tips membeli kitchen mixer yang bagus berkaitan dengan seberapa besar daya listrik rumah Anda. Sebab seperti diketahui, penggunaan mixer akan memakan daya listrik di rumah.

Semakin tinggi kecepatan mixer, daya listrik yang terpakai pun akan semakin besar. Karena itulah, Anda harus mempertimbangkan daya listrik di rumah sebelum membeli kitchen mixer, ya.

6. Sesuaikan harga mixer dengan budget Anda

Namanya membeli barang, pastilah ada pertimbangan penting soal budget. Ya, ini termasuk salah satu tips memilih kitchen mixer yang harus Anda pikirkan matang-matang. Sebelum menentukan hendak membeli jenis mixer apa, baik itu hand mixer maupun stand mixer, pastikan harga mixer sudah sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Untuk kitchen machine atau mixer kue merek Bosch biasanya dibanderol dengan harga beragam, tergantung jenis mixer yang dibeli. Rentang harga rata-rata dimulai dari Rp2 jutaan hingga Rp8 jutaan ke atas. Harga tersebut pastilah sudah sesuai dengan kualitas yang ditawarkan dan tahan lama.

Apalagi, kelebihan menggunakan kitchen mixer Bosch salah satunya tidak menimbulkan suara bising seperti yang sering Anda dengar. Mixer Bosch dapat beroperasi tanpa mengeluarkan suara bising akibat benturan wadah mangkuk dengan alat pengaduk. Jadi, penggunaannya akan lebih efisien.

Namun di sisi lain, jika Anda menggunakan mixer untuk keperluan yang sifatnya sekadar hobi saja, silahkan mencari harga mixer dibawah 1 jutaan atau ratusan ribu. Tentu, apapun pilihannya, tetap pertimbangkan dengan kualitas mixer yang Anda pilih, ya.

Nah, itulah beberapa tips memilih kitchen mixer yang bagus dengan kualitas terbaik dan awet tahan lama, yang bisa menjadi referensi Anda sebelum membeli mixer. Semoga tips ini bermanfaat, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *