Agar Bisa Dipakai Kembali, Berikut 4 Langkah Cuci Masker Kain Yang Baik Dan Benar

  • Whatsapp
custom.co.id

Di tengah krisis yang terjadi karena adanya pandemik covid 19, tidak heran jika ujaran untuk pakai masker cukup membebani. Apalagi dengan fluktuasi harga masker yang luar biasa. Berkaitan dengan itu, masker bahan kain tersedia, bisa diproduksi dengan mudah dan bisa dicuci untuk dipakai kembali. Tapi, jangan cuci masker kain Anda sembarangan. Berikut ini adalah cara cuci baik dan benar yang bisa Anda ikuti agar tidak rusak dan terbebas dari virus.

Empat Langkah Mencuci Masker Bahan Kain Yang Dianjurkan Oleh USA Today Dan The Sun

1. Gunakan Air Hangat Untuk Mencuci Masker

Sebenarnya Anda bisa cuci masker Anda dengan air normal atau dingin. Namun, pakai air hangat dirasa lebih efektif dan dianjurkan. Secara teknis, air hangat punya peran penting dalam membunuh kuman atau mikro organisme. Setidaknya air hangat tersebut harus di atas 60 derajat celcius. Anda bisa cuci masker baik secara manual ataupun mesin cuci. Cara ini juga didukung oleh pakar penyakit menular Daniel Griffin dari Univesitas Columbia.

Read More

2. Gunakan Detergen Dan Juga Disinfektan

Agar kuman benar – benar mati, maka gunakan detergen dan juga disinfektan. Pilih baik – baik cairan pembersih yang sesuai dengan cara mencuci. Jika Anda akan mencuci masker kain secara manual, maka dianjurkan pakai dua bahan tersebut. Rendam masker dalam campuran bahan tersebut selama 30 menit. Tapi jika Anda gunakan mesin cuci, dirasa pakai detergen sudah cukup untuk angkat noda dan bunuh kuman sekaligus.

3. Jemur Dan Keringkan Di Bawah Sinar Matahari

Setelah proses pencucian, jangan lupa untuk jemur dan keringkan masker. Tentunya Anda bisa gantung dan anginkan saja, namun akan lebih baik jika dijemur langsung di bawah sinar matahari. Selain hasil kering akan lebih maksimal, sinar matahari dikenal punya kemampuan untuk membunuh mikroorganisme dengan efektif. Letakkan masker pada lokasi yang terkena sinar matahari secara langsung dan biarkan beberapa menit hingga kering.

4. Simpan Di Tempat Yang Kering Dan Bersih

Setelah dicuci dan kering, maka Anda juga perlu perhatikan dengan baik dimana akan simpan masker berbahan kain ini. Karena masker kain bersifat reuseable atau bisa dikenakan lagi, maka simpan pada lokasi yang bersih dan kering. Anda bisa simpan pada lemari atau lokasi tertutup agar masker tidak terkena debu. Selain itu, hindari tempat lembab agar masker terbebas dari bakteri.

Demikian cara mencuci masker bahan kain yang baik dan benar. Karena akan digunakan lagi, Anda harus pastikan masker dalam keadaan yang bersih dan steril. Anda bisa cuci dengan mesin cuci atau manual. Lalu, gunakan air hangat, detergen dan disinfektan untuk bunuh kuman yang menempel pada masker. Jemur di bawah sinar matahari agar benar- benar kering, lalu simpan masker di lokasi yang kering sebelum dipakai lagi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *