Agar Tak Salah Pilih, Kenali Tipe-Tipe Masker Sesuai Kegunaannya

  • Whatsapp

Semakin merebaknya virus Covid-19 hampir di seluruh dunia menyebabkan masker kesehatan jadi langka di pasaran. Masker jadi laris diborong karena dianggap bisa menghambat penyebaran virus tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa masker tersedia dalam beragam jenis dan memiliki fungsi yang berbeda. Maka dari itu, sebaiknya Anda kenali dulu tipe-tipe masker agar tak salah beli nantinya.

Read More

1. Masker Bedah

Masker bedah merupakan masker yang bisa dengan mudah ditemukan. Masker yang umumnya berwarna hijau atau biru ini, bisa diandalkan untuk melindungi diri dari percikan cairan hidung atau mulut orang lain. Kemampuan penyaringan masker bedah ini sendiri mencapai 80 persen, bahkan bisa lebih tinggi. Jangan lupa, lapisan berwarna pada masker dihadapkan keluar saat digunakan.

2. Masker N95

Saat kabut asap menyelimuti beberapa daerah di Indonesia, penggunaan masker N95 begitu digalakkan. Masker ini sendiri memang diketahui bisa menyaring partikel berbahaya. Tak hanya kotoran dan debu yang bisa disaring, namun juga gas serta uap. Kemampuan penyaringan masker ini juga terbilang tinggi, yakni mencapai hingga 95 persen.

3. Masker Gas

Selanjutnya ada masker gas yang memang dikhususkan untuk melindungi penggunanya dari ancaman gas dan uap berbahaya. Masker ini umumnya dilengkapi dengan filter yang bisa menyaring bahan kimia tertentu. Penggunaan masker ini sendiri terbilang tak begitu umum, hanya digunakan oleh petugas khusus yang kontak langsung dengan gas dan uap.

4. Masker P95

Masker P95 merupakan jenis masker yang kerap digunakan oleh petugas yang bekerja di tambang minyak. Hal ini dikarenakan kemampuan masker P95 yang bisa menyaring partikel dengan kandungan bensin, solar, atau pun minyak tanah. Jangka waktu penggunaan masker ini sendiri berkisar hingga 40 jam dalam kurun waktu 30 hari.

Itulah tadi tipe-tipe masker dengan fungsinya yang cukup beragam. Perlu Anda ingat bahwa beda masker, maka beda pula jenis partikel yang bisa disaringnya. Maka dari itu, jangan asal beli masker. Jika sekiranya Anda flu dan batuk biasa atau ingin terhindar dari risiko Covid-19, Anda bisa menggunakan masker bedah saat di keramaian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *